Minggu, 04 Maret 2012

DIABETES


 Diabetes 
Atau kencing manis adalah kondisi dimana konsentrasi gula (glukosa) darah berada di atas tingkat normal dalam jangka waktu yang lama. Pada penderita diabetes, ada gangguan keseimbangan antara transportasi glukosa ke dalam sel, glukosa yang disimpan di hati dan glukosa yang dikeluarkan dari hati.
Ada 2 hal yang menyebabkan keadaan ini yaitu :
1.    Pankreas tidak mampu lagi memproduksi insulin
2.    Text Box:  Sel kita tidak memberi respons pada kerja insulin sebagai kunci untuk membuka pintu sel sehingga glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel.

Mengenal Diabetes :
*Sering kencing
*Haus terus menerus
*Berat badan menurun
*Rasa seperti flu dan lemah
*Pandangan kabur
*Bila luka sukar untuk sembuh
*Rasa kesemutan
*Gusi merah dan bengkak
*Kulit terasa kering dan gatal
Mudah terkena infeksi.

Berapa Kadar Gula Normal ?
·         Kadar gula darah normal à apabila setelah puasa semalam, kadar glukosa darah 70-110 mg/dl.
·         Apabila glukosa darah setelah puasa semalam diatas 126 mg/dl dan 2 jam sesudah makan diatas 200 mg/dl, dapat dipastikan bahwa orang tersebut menderita diabetes.
·         Apabila kadar glukosa diantara 111-125 mg/dl disebut keadaan glukosa puasa semalam yang terganggu atau sering disebut juga prediabetes.

Jenis Diabetes :
Diabetes tipe 1 : muncul ketika pankreas tidak dapat atau kurang mampu memproduksi insulin. Dari semua penderita diabetes di Indonesia, hanya 2-3% yang menderita diabetes tipe ini.
Diabetes tipe 2 : tipe ini adalah yang paling sering dijumpai di Indonesia (90-95%). Pada diabetes ini, dapat terjadi hal sebagai berikut :
-       Kualitas insulin yang dihasilkan pankreas tidak dapat berfungsi dengan baik
-       Sel-sel jaringan tubuh atau otot penderita tidak peka atau sudah kebal terhadap insulin sehingga glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel dan akhirnya tertimbun di peredaran darah.
Diabetes pada kehamilan : muncul pada saat hamil karena pembentukan beberapa hormon pada ibu hamil
Diabetes sekunder : disebabkan oleh penyakit lain yang mengganggu produksi insulin atau mempengaruhi kerja insulin. Contohnya : diabetes pada penderita radang pankreas, gangguan kelenjar adrenal atau hipofisis, malnutrisi dan infeksi.

Faktor Resiko Diabetes :
*Keturunan à diabetes tipe 2 lebih banyak terkait dengan faktor riwayat keluarga atau keturunan ketimbang diabetes tipe 1.
*Obesitas / Kegemukan à melonjaknya angka kejadian diabetes tipe 2 sangat terkait dengan obesitas. Lebih dari 8 diantara 10 penderita diabetes tipe 2 adalah mereka yang mengalami kegemukan.
*Kurang gerak badan à makin kurang gerak badan, makin mudah seseorang terkena diabetes. Olahraga atau aktifitas fisik membantu kita untuk mengontrol berat badan.
*Usia à resiko terkena diabetes akan meningkat dengan bertambahnya usia, terutama diatas 40 th, namun dengan semakin banyaknya anak yang mengalami kegemukan, angka kejadian diabetes tipe 2 pada anak remaja_pun meningkat.
*Sindrom Metabolik à orang yang menderita sindrom metabolik akan memiliki resiko yang tinggi terkena diabetes. Orang yang menderita sindrom metabolik adalah mereka yang mempunyai kelainan seperti : tekanan darah tinggi lebih dari 160/90 mmHg, trigliserida darah lebih dari 150 mg/dl, kolesterol HDL kurang dari 40 mg/dl, indeks massa tubuh lebih dari 30, lingkar pinggang melebihi 102 cm pada pria atau melebihi 88 cm pada wanita atau sudah terdapat mikroalbumin.
*Riwayat diabetes pada kehamilan à lebih dari setengah dari ibu dengan diabetes pada kehamilan akan terkena diabetes dikemudian hari.

Tips & Panduan untuk Pra Pensiun & Pensiunan :
∞ Pola makan yang sehat dan seimbang
∞ Melakukan olahraga secara teratur untuk memperbaiki kontrol glukosa darah
∞ Melakukan pemeriksaan kesehatan umum secara rutin
∞ Hindari stres yang berlebihan
∞ Segera datangi dokter bila ada keluhan atau gejala diabetes dan lakukan pengobatan sedini mungkin untuk mencegah komplikasi
∞ Penderita agar selalu disiplin dalam pengobatan
∞ Lakukan pemeriksaan laboratorium secara rutin untuk mengetahui apakah kadar gula darah sudah terkontrol dengan baik atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar