Selasa, 15 Maret 2016

TUTORIAL METODE SUPERVISI DENGAN CASE PRESENTASI












TUGAS METODIK KHUSUS
( TUTORIAL METODE SUPERVISI DENGAN CASE PRESENTASI )

Dosen  Pengampu : Maftuchah, S.siT, M.Kes 


Disusun Oleh :
Kelas C
Anis Nur Aini                          ( NIM : 1504172 )
Fitria Setyaningrum                 ( NIM : 1504186 )



PROGRAM STUDI DIV KEBIDANAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN KARYA HUSADA
SEMARANG
TAHUN AJARAN 2015/2016
SKENARIO PERAN PRECEPTORSHIP
SUPERVISI DENGAN CASE PRESENTASI


SITUASI:
Sebagai CI di Ruang Bersalin suatu Rumah Sakit. Anda membimbing 6 mahasiswa praktikan. Menjelang akhir jadwal praktik berada di ruang tersebut, mahasiswa dibimbing untuk melakukan presentasi kasus yang telah didapat selama melaksanakan praktek di ruang bersalin. Presentasi tersebut merupakan gambaran contoh kasus yang mereka hadapi secara langsung beserta dengan penanganan yang dilakukan. Presentasi ini dihadiri oleh mahasiswa praktikan, CI, dosen dan audiens dari mahasiswa institusi lain.

PEMERAN
Preseptor akademik: ........................................ (Dosen)
Preseptor klinik: .............................................. (CI)
Preseptee: (Mahasiswa)
1.……………………………………
2.……………………………………
3.……………………………………
4.……………………………………
5.........................................................
6.........................................................
Audiens :
1. ......................................................
2........................................................
3.......................................................
Dsb.




PROSES PERSIAPAN
1.        Tetapkan jadwal bimbingan asuhan kebidanan untuk kasus yang akan dipresentasikan, antara CI – Mahasiswa – Dosen pembimbing.
2.    Tentukan jadwal pelaksanaan presentasi kasus.
3.    Koordinasikan dengan pihak-pihak yang akan dihadirkan dalam presentasi.

IMPLEMENTASI
1.    Setiap pemeran melaksanakan perannya dengan sebaik-baiknya.
2.    Laksanakan seluruh kegiatan yang dirancang sesuai dengan jadwal.
3.    Pelaksanaan presentasi kasus adalah menjelang akhir praktik di Ruang Bersalin.

ASPEK YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN
1.    Penilaian kompetensi dilakukan CI dan Dosen pembimbing selama proses bimbingan dan pelaksanaan presentasi.














Peran scenario roleplay Preceptorsip

PRA PRESENTASI
A.      Tahap Persiapan: (CI – Mahasiswa – Dosen Pembimbing)
1.      Mahasiswa mengkonsultasikan dokumentasi asuhan kebidanan yang telah dibuat. Mahasiswa memilih kasus yang akan dipresentasikan. Mahasiswa berkonsultasi pada CI maupun pada Dosen pembimbing.
2.      Setelah siap dengan kasus yang akan dipresentasikan, Mahasiswa mengajukan jadwal pelaksanaan presentasi kasus pada CI dan Dosen pembimbing. Tak lupa tembusan peminjaman fasilitas untuk presentasi pada pihak RS.
3.      Mahasiswa praktikan mengundang audiens dalam proses presentasi tersebut.

B.       Tahap Pelaksanaan
1.      Pelaksanaan presentasi kasus dihadiri pihak RS seperti CI dan bisa menyertakan KaBid.Kebidanan, pihak institusi seperti dosen pembimbing serta audiens yakni mahasiswa dari institusi lain.
2.      Memberi kesempatan pada hadirin untuk mengemukakan pertanyaan ataupun komentar sebagai evaluator.
3.      Menyampaikan kesimpulan.

C.      Tahap Evaluasi (CI- Mahasiswa – Dosen Pembimbing)
1.      Hasil diskusi maupun koreksi sebagai evaluasi penyelesaian dokumentasi asuhan kebidanan.
2.      Merumuskan rencana tindak lanjut untuk praktek klinik berikutnya.

PERSIAPAN SESUAI PERAN:
1.      Preseptee (Mahasiswa)
a.       Materi Presentasi kasus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar