TUGAS METODIK KHUSUS
( TUTORIAL METODE SUPERVISI DENGAN
CASE PRESENTASI )
Dosen Pengampu : Maftuchah, S.siT, M.Kes
Disusun
Oleh :
Kelas
C
Anis
Nur Aini ( NIM : 1504172
)
Fitria
Setyaningrum ( NIM :
1504186 )
PROGRAM
STUDI DIV KEBIDANAN
SEKOLAH
TINGGI ILMU KESEHATAN KARYA HUSADA
SEMARANG
TAHUN
AJARAN 2015/2016
SKENARIO PERAN PRECEPTORSHIP
SUPERVISI
DENGAN CASE PRESENTASI
SITUASI:
Sebagai CI di Ruang
Bersalin suatu Rumah Sakit. Anda membimbing 6 mahasiswa praktikan. Menjelang
akhir jadwal praktik berada di ruang tersebut, mahasiswa dibimbing untuk
melakukan presentasi kasus yang telah didapat selama melaksanakan praktek di
ruang bersalin. Presentasi tersebut merupakan gambaran contoh kasus yang mereka
hadapi secara langsung beserta dengan penanganan yang dilakukan. Presentasi ini
dihadiri oleh mahasiswa praktikan, CI, dosen dan audiens dari mahasiswa
institusi lain.
PEMERAN
Preseptor akademik: ........................................
(Dosen)
Preseptor klinik: ..............................................
(CI)
Preseptee: (Mahasiswa)
1.……………………………………
2.……………………………………
3.……………………………………
4.……………………………………
5.........................................................
6.........................................................
Audiens :
1. ......................................................
2........................................................
3.......................................................
Dsb.
PROSES
PERSIAPAN
1.
Tetapkan
jadwal bimbingan asuhan kebidanan untuk kasus yang akan dipresentasikan, antara CI
– Mahasiswa – Dosen pembimbing.
2.
Tentukan jadwal pelaksanaan presentasi kasus.
3.
Koordinasikan dengan pihak-pihak yang akan dihadirkan
dalam presentasi.
IMPLEMENTASI
1.
Setiap
pemeran melaksanakan perannya dengan sebaik-baiknya.
2.
Laksanakan
seluruh kegiatan yang dirancang sesuai dengan jadwal.
3.
Pelaksanaan presentasi kasus adalah menjelang akhir
praktik di Ruang Bersalin.
ASPEK
YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN
1.
Penilaian
kompetensi dilakukan CI dan Dosen pembimbing selama proses bimbingan dan
pelaksanaan presentasi.
Peran scenario
roleplay Preceptorsip
PRA
PRESENTASI
A.
Tahap
Persiapan: (CI – Mahasiswa – Dosen Pembimbing)
1. Mahasiswa mengkonsultasikan dokumentasi asuhan kebidanan
yang telah dibuat. Mahasiswa memilih kasus yang akan dipresentasikan. Mahasiswa
berkonsultasi pada CI maupun pada Dosen pembimbing.
2. Setelah siap dengan kasus yang akan dipresentasikan,
Mahasiswa mengajukan jadwal pelaksanaan presentasi kasus pada CI dan Dosen
pembimbing. Tak lupa tembusan peminjaman fasilitas untuk presentasi pada pihak
RS.
3. Mahasiswa praktikan mengundang audiens dalam proses
presentasi tersebut.
B.
Tahap
Pelaksanaan
1. Pelaksanaan presentasi kasus dihadiri pihak RS seperti CI
dan bisa menyertakan KaBid.Kebidanan, pihak institusi seperti dosen pembimbing
serta audiens yakni mahasiswa dari institusi lain.
2. Memberi kesempatan pada hadirin untuk mengemukakan pertanyaan ataupun komentar sebagai evaluator.
3. Menyampaikan kesimpulan.
C.
Tahap Evaluasi (CI- Mahasiswa
– Dosen Pembimbing)
1. Hasil diskusi maupun koreksi sebagai evaluasi penyelesaian dokumentasi
asuhan kebidanan.
2. Merumuskan
rencana tindak lanjut untuk praktek klinik berikutnya.
PERSIAPAN SESUAI PERAN:
1.
Preseptee (Mahasiswa)
a. Materi Presentasi kasus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar