Selasa, 15 Maret 2016

CONTOH TELAAH JURNAL



TELAAH JURNAL ( Outlet Critical )

NAMA            :           ANIS NUR AINI
NIM                :           1504172
KELAS           :           C

PENDAHULUAN :
Pengambilan Artikel Jurnal penelitian ini diambil dari database : http://scholar.google.co.id dengan kata kunci dalam kotak pencarian yaitu “ Jurnal Hubungan Antara Primigravida Dengan Preeklampsia “ dengan alamat website : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=300123&val=7288&title=Hubungan%20Status%20Gravida%20dan%20Usia%20Ibu%20terhadap%20Kejadian%20Preeklampsia%20di%20RSUP%20Dr.%20M.%20Djamil%20Padang%20Tahun%202012-2013.

TELAAH :
1.      JUDUL ARTIKEL
Judul artikel yang saya telaah yaitu “Hubungan Status Gravida dan Usia Ibu terhadap Kejadian Preeklampsia di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2012-2013

·         Dari judul ini penulis mengambil lingkup yang lebih kecil agar lebih mudah saat meneliti.  Sudah baik karena mencantumkan tempat penelitian dan tahun penelitian agar lebih jelas lingkupnya.
·         Variabel yang diambil juga sudah baik, karena status gravida dan usia menurut teori adalah merupakan faktor resiko yang mempengaruhi terjadinya preeklamsia.
·         Karena ini yang diteliti adalah ibu melahirkan, alangkah baiknya pada judul berbunyi : “Hubungan Status Gravida dan Usia Ibu Melahirkan terhadap Kejadian Preeklampsia di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2012-2013”.


2.      LATAR BELAKANG MASALAH
·         Di latar belakang setelah menjelaskan teori mengenai kejadian preeklamsia, dan memberikan contoh data statistik di Indonesia yang kurang up to date, penulis kurang memberikan data statistik banyaknya kejadian preeklamsia di studi pendahuluannya yang seharusnya bisa memperkuat alasan pengambilan tema atau judul tersebut (dari konsep umum ke konsep spesifik). Misalkan seharusnya menjelaskan pengaruh kejadian preeklamsia di Indonesia diambil dari data terbaru, kemudian mengerucut (piramida terbalik) hingga memberikan data jumlah kejadian preeklamsia di RSUP Dr.M.Djamil Padang di tahun-tahun sebelumnya sebagai hasil dari studi pendahuluannya.

3.      TUJUAN
·         Di dalam artikel ini tidak dijelaskan tujuan penelitian secara khusus. Hanya secara umum penulis menjelaskan bahwa penelitian ini untuk mengetahui hubungan status gravida dan usia ibu terhadap kejadia preeklampsia di RSUP Dr.M.Djamil Padang pada tahun 2012-2013.. Seharusnya penulis menambahkan dengan tujuan khusus misalnya :
-          Mengetahui Status gravida ibu melahirkan dengan preeklamsia dan tidak preeklamsia di RSUP Dr.M.Djamil Padang Tahun 2012-2013
-          Mengetahui Umur ibu melahirkan dengan preeklamsia dan tidak preeklamsia di RSUP Dr.M.Djamil Padang Tahun 2012-2013
-          Mengetahui nilai preeklamsia pada ibu melahirkan di RSUP Dr.M.Djamil Padang Tahun 2012-2013
-          Mengetahui hubungan status gravida ibu melahirkan dengan kejadian preeklamsia di RSUP Dr.M.Djamil Padang Tahun 2012-2013
-          Mengetahui hubungan usia ibu melahirkan dengan kejadian preeklamsia di RSUP Dr.M.Djamil Padang Tahun 2012-2013.

4.      VARIABEL PENELITIAN
·         Variabel independentnya adalah status gravida dan usia ibu melahirkan, sementara variabel dependentnya adalah nilai preeklampsia. Hal ini sudah sesuai dengan judul.

5.      HIPOTESIS
·         Penulis tidak menyertakan hipotesis dalam artikel. Hipotesis yang mungkin bisa disertakan yaitu :
-          Ada hubungan antara status gravida ibu melahirkan dengan kejadian preeklamsia
-          Ada hubungan antara usia ibu melahirkan dengan kejadian preeklamsia.

6.      DESAIN PENELITIAN
·         Dalam artikel ini menjelaskan bahwa penelitian menggunakan metode cross-sectional yang artinya mempelajari dinamika korelasi antara faktor-faktor risiko dengan efek, dengan cara pendekatan, observasi atau pengumpulan data sekaligus pada suatu saat. Hal ini sudah sesuai dengan tujuan.

7.      DEFINISI OPERASIONAL
·         Penulis tidak menyertakan penjelasan mengenai definisi operasional penelitian. Skala ukur dan kategori langsung muncul dalam pengolahan dan analisis data.

8.      PROSEDUR PENELITIAN
·         Dijelaskan bahwa populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rekam medis ibu melahirkan yang menderita preeklamsia dan yang tidak preeklamsia di Bagian Obstetri dan Ginekologi RSUP Dr.M.Djamil Padang tahun 2012-2013. Setelah dilakukan pemilihan subyek penelitian berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, didapatkan 162 data pasien yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sampel, dimana 81 data pasien preeklampsia dan 81 data pasien tidak preeklampsia. Pasien yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi diminta mengisi kuesioner. Dalam artikel ini tidak dijelaskan apa saja kriteria inklusi dan eksklusinya. Sistematika yang mungkin bisa digunakan :
-          Penjelasan populasi dan sampel (termasuk didalamnya penjelasan kriteria inklusi dan eksklusi serta teknik sampling)
-          Penjelasan teknik pengumpulan data
-          Penjelasan Intrumen penelitian

9.      PENGOLAHAN DAN ANALISIS DATA
·         Penyajian hasil pengolahan data menggunakan tabel, sudah sesuai kaidah. Uji statistiknya menggunakan chi square dengan nilai p = 0,036 (p < 0,05) yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara status gravida ibu dengan kejadian preeklamsia di RSUP Dr.M.Djamil Padang pada tahun 2012-2013 dan nilai p = 0,001 (p < 0,05) yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara usia ibu dengan kejadian preeklamsia di RSUP Dr.M.Djamil Padang pada tahun 2012-2013.

10.  KESIMPULAN DAN SARAN
·         Kesimpulan yang ada sudah baik, namun penulisan kurang sesuai EYD kamus bahasa indonesia. Seperti : risiko yang seharusnya resiko.
·         Terdapat hubungan yang bermakna antara status gravida dengan kejadian preeklampsia, dimana primigravida mempunyai kecenderungan untuk menderita preeklampsia daripada multigravida. Terdapat hubungan yang bermakna antara usia ibu dengan kejadian preeklampsia, dimana ibu hamil yang berusia dalam kategori usia risiko tinggi mempunyai kecenderungan untuk menderita preeklampsia daripada ibu yang berusia dalam kategori usia risiko rendah.
·         Penulis tidak mencantumkan saran didalam artikel. Sistematika saran yang mungkin bisa digunakan :
-          Saran bagi masyarakat
-          Saran bagi RSUP Dr.M.Djamil Padang
-          Saran bagi institusi pendidikan
-          Saran bagi penelitian selanjutnya.

3 komentar: